Cuplikan 09 : Penggunaan Gadget pada Anak — 2 jam sudah terlalu lama

Banyak dari kita, para orangtua, bahwa penggunaan gadget terlalu banyak pada anak-anak ternyata tidak baik. Tulisan ini adalah temuan dari penelitian salah satu student saya, Ratih. Apakah hasil penting yang harus kita perhatikan ? Akan saya coba jabarkan dibawah ini.

Disclaimer
Tulisan disini tidak akan saya sampaikan dengan detail mengingat hasil penelitian ini sedang dalam 
proses penulisan publikasi. Penulis akan mengedit jika paper telah terbit

Latar belakang

Semakin banyak kita melihat bahwa anak-anak menggunakan gadget dan bahkan banyak diantaranya sampai rewel ketika tidak diperbolehkan menggunakannya. Ditahun 2011, ternyata di Amerika penggunaan gadget pada anak dibawah 8 tahun meningkat menjadi 72% dari 38% ditahun 2011, bahkan penggunaan pada anak dibawah 2 tahun selama 2 jam lebih bisa ditemui pada 68% anak (Rideout, 2013; Duch et al, 2013).

Apakah efeknya pada anak-anak ? Beberapa peneliti beranggapan bahwa penggunaan gadget dalam waktu lama ini pada anak-anak, bisa menjadi faktor terjadinya Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas (GPPH). Apakah GPPH itu ? GPPH atau ADHD (Attention Deficit and Hyperactivity Disorder), adalah adanya permasalahan pemusatan perhatian, dan sering terlihat mempunyai perilaku kompulsif dan juga terlalu aktif.

Setting Penelitian

Penelitian ini dilakukan di 2 TK di wilayah Yogyakarta. Sampelnya adalah orangtua anak yang berumur 3-6 tahun sebanyak 250-an. Kuesioner yang digunakan adalah pengembangan sendiri untuk intensitas penggunaan gadget dan juga kuesioner suspect GPPH dari Stimulasi Deteksi Intervensi Dini Tumbuh Kembang (SDIDTK).

Hasil

Coba perhatikan pada data intensitas. Terlihat bahwa bahwa Odd Ratio nya 14,875, lebih besar dari faktor lain. Sepertinya dalam hal ini, lama penggunaan gadget lebih mempunyai pengaruh yang besar dibandingkan dengan faktor lain.

Tentu saja hasil ini baru diartikan secara sederhana, dan analysis mendalam akan dilakukan kemudian.

Lesson Learn

Secara sederhana, penulis dapat memberikan sedikit peringatan kepada orang tua, bahwa memberikan akses kepada anak-anak lebih dari 2 jam perhari, ternyata bisa memberikan kemungkinan andil terhadap terjadinya GPPH.

Bapak, ibu, hindarkan akses gadget berlebihan kepada putra putri anda

References

  1. Duch, Fisher, Ensari, Harrington. Screen time use in children under 3 years old: A systematic review of correlates. I J Beh NutrPhysical Activity. 2013;10:1.
  2. Rideout. Zero to Eight Children’s Media Use in America 2013 A Common Sense Media Research Study FALL. Annals New York Aca Scie. 2013;713:355–357.