Zotero part 11 : mensitasi Undang- undang dan dokumen resmi negara

Pertanyaan yang sering ditanyakan kepada saya adalah, kalau kita memiliki aturan perudangan atau dokumen resmi suatu lembaga, bagaimana kita mensitasinya menggunakan Zotero ?

Mari kita mengambil contoh Undang Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Saya mendapatkan UU ini dari internet, dan kemudian mencoba memasukkan kedalam zotero.

Ketika di run retrieve metadata, dikatakan sukses, dan mendapatkan hasil yang diinginkan, yaitu Peraturan Pemerintah … dst.
Namun coba perhatikan dengan seksama.

Apakah ada yang salah ? Sepertinya Judul sudah tepat …

Kita dapat melihat bahwa proses otomatis oleh retrieve metada tidak akurat pada kasus ini. Sehingga bibliography contoh UU ITE tersebut adalah salah. Jadi, kita harus mengganti secara manual, menjadi seperti contoh dibawah ini.
dan menghasilkan
Republik Indonesia. (2016). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 19 TAHUN 2016 TENTANG PERUBAHAN ATAS UNDANG-UNDANG NOMOR 11 TAHUN 2008 TENTANG INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK. Jakarta.

Penulis kemudian melakukan percobaan lagi menggukanan sebuah dokumen yang didapatkan dari internet berupa Permenkes No 28 tahun 2013. Memasukkan kedalam zotero dan retreive metada. Menghasilkan result yang tidak akurat juga

Sehingga hasil tersebut harus dirubah secara manual, menjadi :

dan menghasilkan
Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2013). PERATURAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 28 TAHUN 2013 TENTANG PENCANTUMAN PERINGATAN KESEHATAN DAN INFORMASI KESEHATAN PADA KEMASAN PRODUK TEMBAKAU.

Setelah di edit secara manual, dua contoh sudah menjadi bibliography yang sudah siap untuk di insert kedalam dokumen word anda.

Pelajaran yang dapat diambil dari contoh kasus diatas adalah, bahwa proses retreive metada ini tidak akurat untuk tipe jenis dokumen diatas. Sehingga, penulis menyarankan kehati-hatian ketika menggunakan jenis file tersebut.

Selamat mencoba.

Comments 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *