Perkenalkan, nama saya Zotero, saya adalah asisten pribadi seorang peneliti

Sebagai peneliti atau undergraduate sampai doctoral students, sudah seharusnya berkenalan dengan si cantik jelita ini, Zotero. Yup, perkenalkan diri anda kepada asisten pribadi yang akan setia menemani anda sepanjang program sekolah anda. Dan bahkan bagi peneliti, akan menjadi asiste setia sepanjang hayat.

Inilah komentar umum yang sering didapatkan oleh penulis dari seorang reviewer,
“Gaya selingkung (citation style) tidak sesuai standar penulisan yang ditentukan”, “daftar pustaka yang tidak lengkap”, “volume dan edisi beserta tahun tidak cocok atau hilang”. Kejadian ini adalah hal yang sulit untuk dihindarkan.

Namun, sebenarnya hal itu adalah kejadian ketika anda menulis artikel ilmiah tanpa menggunakan bantuan bibliographic software. Yang sebenarnya jika sampai artikel ini ditulis (akhir 2017), belum menggunakan, sangatlah mengherankan. Marilah sekilas kita berkenalan dengan si cantik Zotero.

Zotero sebenarnya adalah sebuah sistem informasi management yang fungsinya mirip dengan program serupa yaitu EndNote ataupun Mendeley, dimana fungsi sistem ini adalah mengumpulkan, mengorganisasi dan mensitasi informasi. Dengan penekanan pada kemudahan kemampuan untuk mengumpulkan informasi bibliography dari sumber di internet ataupun digital file. Software semacam ini bisa dikategorikan pada citation management tools.

Zotero sendiri adalah sebuah software yang open-source dan gratis digunakan semua orang. Zotero tersedia untuk operating system WIndows, Macintosh, dan Linux. Penulis sendiri menggunakan Zotero versi Linux sejak awal menggunakan, dengan Ubuntu sebagai pilihan distro Linux nya.

Mengapa saya sebut zotero adalah personal assistant bagi para peneliti ? Karena sistem ini dapat dengan mudah melakukan pengelompokan informasi dan membantu dalam penulisan sitasi dalam artikel ilmiah. Si Zotero ini dengan sukarela mengikuti kemanapun kita pergi dan mempunyai kapasitas yang boleh dikata ta terbatas.  Fungsi perpustakaan, dimana kita seperti memiliki perpusatakaan pribadi yang dapat menyimpan berbagai macam sumber informasi digital, dan yang sangat penting adalah kemudahan untuk mencari informasi tersebut dan kemudian digunakan kembali.

Series tulisan saya tentang Zotero tidak dimaksudkan mengulang kembali banyak petunjuk penggunaan zotero yang bahkan sangat detail terdapat di internet. Tulisan tentang Zotero ini saya tuliskan dalam logika kita sebagai peneliti ataupun student. Sehingga perpektif yang saya tuliskan adalah sebagai pengguna aktif bukan sebagai seorang IT technicians yang menjelaskan fungsi dan kegunaan software.

Oleh karena itu, urutan menuliskannya berdasar kebutuhan yang biasa nya paling sering diperlukan. Urutan itu biasanya muncul dari hasil saya mengajar di kelas atau memberikan private practice session untuk menggunakan zotero dengan teman ataupun mahasiswa bimbingan. Tentu saja, pertamakali adalah proses instalasi-nya. Namun tentu juga setting tambahan yang dalam kehidupan sehari-hari seorang peneliti ataupun student hal tersebut akan sangat penting dilakukan. Dan semakin berkembang kepada petunjuk yang lebih advance namun juga masih sering digunakan.

Semoga series tentang zotero ini bermanfaat dan dapat menjawab kebutuhan para peneliti dan students. Dan semoga pula terus berkembang menyesuaikan dengan kebutuhan yang terus berkembang.

 

References

    Butros, A., Taylor, S., 2011. Managing information: evaluating and selecting citation management software, a look at EndNote, RefWorks, Mendeley and Zotero.
    Fernandez, P., 2011. Zotero: information management software 2.0. Library Hi Tech News 28, 5–7. https://doi.org/10.1108/07419051111154758
    Mueen Ahmed, K., Al Dhubaib, B., 2011. Zotero: A bibliographic assistant to researcher. Journal of Pharmacology and Pharmacotherapeutics;      Mumbai 2, 303–305. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.4103/0976-500X.85940
sj88, n.d. Referencing and bibliographies — University of Leicester [WWW Document]. URL https://www2.le.ac.uk/offices/ld/resources/writing/writing-resources/ref-bib (accessed 12.2.17).
   Why is Referencing Important? | UNSW Current Students [WWW Document], n.d. URL https://student.unsw.edu.au/why-referencing-important (accessed 12.2.17).
    Zotero | Home [WWW Document], n.d. URL https://www.zotero.org/ (accessed 12.3.17).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *