Zotero part 9 : removing duplicate references – menghapus reference ganda

Seiring dengan bertambahnya koleksi didalam zotero kita, sangat besar kemungkinan kita menyimpan bibliography dari suatu jurnal yang kita dapatkan dari internet, dan padahal kita sudah memiliki dalam library kita. Untuk itulah, remove duplicate references harus rutin kita lakukan, apalagi setelah kita melakukan pencarian dokumen yang agak banyak dan menyimpannya kedalam zotero.

Ada apa dengan duplicate items ini ? Mengapa kita harus memperhatikan hal ini ? Alasannya sederhana, agar informasi items / reference itu hanya bersumber dari satu source dan yang paling lengkap informasinya. Sehingga ketika kita mensitasi (insert citation) maka yang digunakan adalah items yang benar.

Dimanakah duplicate tersebut ? Anda bisa mengarahkan ke bagian bawah, seperti yang terlihat pada gambar berikut.

Dan jika di klik, maka akan muncul list dari items yang duplicate. Silahkan coba klik item duplicate yang paling atas.
Maka di sebelah kanan akan muncul Merge 2 items. Perhatikan pemilhan date dibawah nya (choose the version … ), manakah yang dipilih ? dan apakah itu ?

Dua jenis tanggal itu muncul karena  anda mendapatkan sumber tersebut pada waktu yang berlainan. Pada contoh diatas, terlihat  tanggal yang berbeda, 2 dan 3 desember. Yang sering terjadi adalah juga anda mendapatkan sumber tersebut pada jangka waktu yang berbeda tahun. Itu bukanlah tanggal publish paper, melainkan tanggal dimana anda menyimpan ke dalam zotero.
Nah, tanggal manakah yang di pilih ? Asumsi yang digunakan adalah, gunakan tanggal yang lebih awal. Mengapa ? krn bisa jadi sudah ada gunakan untuk di sitasi pada tulisan anda. Jika anda sudah mensitasi 1 tahun lalu, dan kemudian anda memilih dokumen yang baru, maka jika dokumen tersebut dibuka kembali, maka link insert citation nya akan broken (rusak).
Jadi intinya, pilihlah date yang paling awal.

Apakah anda hanya bisa melakukan satu demi satu items duplicate nya ? Tidak. Anda bisa select all, atau shift+click untuk memilih range yang anda merge. Dengan demikian anda akan menghemat waktu. Terutama ketika anda sudah lama tidak melihat duplicate yang ada, bisa puluhan terdapat duplikasi.

Catatan, jika ada bbrp jenis blibiography, sepreti contoh diatas, maka tombol merge tidak bisa muncul. Harus yang sejenis. Maka yang newspaper, seperti contoh diatas, harus di klik sendiri. Dan merge. Selain itu, jika jenis dokumennya sama, maka anda dapat melakukan sekaligus bersamaan.

Pada kasus lain, berbeda database yang meng host file tersebut, berbeda pula item tersebut di kategorikan. Walaupun itu adalah item yang sama.

Pada kasus diatas, maka tombol merge pun tidak akan muncul.
Lalu bagaimana caranya ? nah kita harus merubah jenis item tersebut, agar keduanya mempunyai jenis yang sama.

Silah kan klik library utama, kalau anda di my library, klik itu. Kalau anda di group library, maka klik group tersebut. Kemudian, silahkan search untuk mencari reference tersebut.

Setelah ditemukan items nya, dan disitu terlihat jelas bahwa jenisnya berbeda, maka pilih salah satu item tersebut, dan samakan jenisnya seperti yang satunya. Pada contoh diatas, conference jurnal saya jadika article journal. Klik dan selesailah anda merubah jenis itemnya.

Lalu bagaimana selanjutnya ? kembali ke langkah awal. Klik duplicate item, dan kemudian merge.

Selamat menghilangkan duplikasi reference. Semoga bermanfaat.

 

notes : special thanks to Adit , Almira, Dian, dan Rudi, in which I use their case in Zotero part 8 & 9

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *