Zotero part 10 : berbagi references dengan pengguna bibliographic software lain (ie Mendeley, EndNote)

Bagaimanakah jika anda harus berbagi references dengan peneliti lain yang menggunakan jenis software lain ? Misal EndNote ataupun Mendeley ? Apapun alasan mereka menggunkan software tersebut, terkadang kita harus tetap berkolaborasi. Menurut saya pribadi, tidak bijak jika anda berubah systemnya hanya karena kolaborator anda menggunakan software yang berbeda. Nah, bagaimanakah caranya ?


Saya pengguna zotero sejak awal saya mengenal bibliographic software dan menggunakannya sejak th 2008. Tapi saya juga menggunakan EndNote dan Mendeley pada satu waktu selama 1,5 tahun secara intensif karena saya melakukan systematic review, dan saya penasaran dengan performa ketiga software tersebut untuk melakukan tugas yang sama.
Hasilnya ? ketiganya sama saja. Jadi, kesimpulannya, menggunakan salah satunya tidak ada masalah. Asal anda menggunakannya, itu lebih penting.

Dari ketiga produk tersebut, Zotero satu-satunya program yang open source dan free. Mendeley adalah free tetapi tidak masuk open source, karena sejak awal tahun 2013 dibeli perusahaan Elsevier. Sedangkan EndNote adalah program yang berbayar dan dilimi oleh Thomson Reuter. Sebagai catatan, rumor diluar mengatakan bahwa mendeley akan segera menjadi produk komersial juga.

Kita tidak akan membahas rumor disini, pertanyaannya adalah bagaimana ?
Satu fungsi dasar yang ada di ketiganya adalah proses export/import. Silahkan export menggunakan formas *RIS*. Format ini dapat diterima dengan baik oleh ketiganya, sehingga jika salah satu meng export dalam format RIS, maka yang lainnya dengan mudah meng-import RIS tersebut untuk dimasukkan kedalam koleksi nya. Itu adalah cara pertama.

Cara kedua adalah, jika partner anda menggunakan mendeley, maka anda dapat menginstall mendeley juga side by side. Jangan khawatir, bisa berjalan bebarengan. Jika anda pengguna zotero, maka mendeley dapat dengan mudah di buat untuk membaca database zotero anda. Sehingga tanpa perlu mengeksport, otomatis sudah masuk ke dalam mendeley. Hal tersebut tidak berlaku sebaliknya. Mengapa ? karena Zotero open source, sedangkan Mendeley close source, sehingga komunitas programmer zotero tidak dapat membaca struktur database Mendeley.

Berikut perintah di Mendeley
Silahkan klik Tools > Options (atau Mendeley Desktop > Preferences di Mac) dan kemudian Zotero tab. Klik / enable untuk Zotero integration, dan pilihlah lokasi database Zotero atau Mendeley dapat mendeteksi secara otomatis. Setelah click apply, dokumen zotero akan muncul di Mendeley, lengkap dengan struktur foldernya. Nah mudah bukan ?
Nah setelah itu, silahkan share dengan rekan pengguna Mendeley.

Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *