Zotero part 7 : migration from Mendeley

Jika anda menggunakan Mendeley dan ingin migrasi koleksi dokumen dan artikel kedalam Zotero, maka jangan bingung.  Berikut akan saya tuliskan step-by-step langkah-langkahnya.

Pada dasarnya langkahnya terbagi menjadi dua :

  1. Meng-export mendeley library dalam format .ris
  2. Meng-import file .ris hasil langkah diatas kedalam zotero

Dari Mendeley,

Silahkan klik terlebih dahulu “all documents” , kemudial ctr-A atau select all semua dokumenten/references dari mendeley tersebut.

Kemudian silahkan klik menu file dan pilih Export. Pilih format file .ris. Hasil export akan berisi semua koleksi bibliography yang anda miliki di Mendeley.

Dari Zotero,

Silahkan klik File – Import , dan pilih file .ris diatas.

Dan hasilnya akan terlihat seperti dibawah ini

Sederhana bukan ? Dengan hanya dua langkah tersebut, references / bibliography koleksi mendeley anda sudah dapat di masukkan kedalam zotero.

Tapi ? sebentar, mengapa folder didalam mendeley saya tidak ada didalam zotero ?

Disinilah masalahnya, Ketika anda melakukan export all dari mendeley, struktur folder yang anda miliki tidak dapat ter- export strukturnya kedalam zotero. Inilah kelemahannya. Walaupun demikan, ada cara untuk mendapatkan struktur tersebut walau agak repot.

Yaitu dengan meng-export koleksi mendeley per folder nya. Jadi anda akan memiliki beberapa file hasil export. Dan kemudian di import dari zotero (beberapa kali juga). Jadilah anda memiliki struktur folder tersebut, namun harus diingat bahwa hal ini sedikit repot.

Selamat menggunakan dan memanfaatkan zotero!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *