Zotero part 6 : memasukkan buku / e-book sebagai bibliography

Memasukkan koleksi buku atau e-book kedalam koleksi Zotero kita pada dasarnya tidak banyak berbeda dengan journal paper. Namun ada sedikit perbedaan yang kadang membuat kebingungan dikalangan pemakai Zotero. Silahkan simak catatan berikut ini.

Seperti halnya memasukkan artikel kedalam zotero, maka ebook pun demikian. Drag n drop file nya kedalam zotero. Hanya mungkin ada sedikit perbedaan karena perbedaan ukuran buku yang bisa puluhan MB besarnya, waktu import kedalam zotero sedikit lebih lama. Apalagi jika anda sudah punya banyak (ribuan) items dalam koleksi zotero anda.

Jika diperhatikan seperti gambar diatas, setelah anda import, maka pada panek di kanan akan terlihat informasi mengenai file tersebut. Informasi tersebut belum bisa dimasukkan ke dalam sitasi kita, oleh karena itu harus kita download dulu. Pada bagian terdahulu, salah satu caranya adalah dengan menu klik kanan dan download metadata. Namun, Tidak di semua buku dapat di dowload informasi lengkapnya. Karena cara kerjanya adalah, ada mesin peng-ekstrak informasi dalam zotero, dan mencocokkan informasi tersebut ke sumber di internet (kalau tidak salah dalam hal ini google) dan jika menemukan kecocokan, maka di download informasi tersebut.

Jika buku anda gagal mendapatkan informasi tersebut meggunakan metode download metadata, maka caranya adalah, silahkan buka Google Books.

Kemudian copy judul bukunya dan search kedalam kotak pencariannya.

Biasanya ada banyak pilihan untuk satu buku yang kita cari (buku yang terkenal, iya). Silahkan pilih salah satunya yang paling dekat informasinya dengan buku milik anda (edisi, cover, dll). Kalau tidak, silahkan pilih saja langsung dan kemudian muncullah buku tersebut.

Silahkan klik untuk men-download pada icon bergambar buku di pojok kanan atas, dan otomatis akan terdownload kedalam zotero anda.

Kemudian didalam zotero anda akan terlihat buku tersebut sudah terdownload. Pada contoh disini, posisinya ada diatas file pdf yang kebetulan mempunyai nama file sama dengan judul bukunya.

Drad n drop file pdf tersebut kedalam record buku tersebut, agar menyatu. Dan sudah tentu, buku tersebut sudah mempunyai informasi yang lengkap seperti terlihat di panel di sebelah kanan.

Pada tahap ini, buku anda sudah siap untuk digunakan menjadi sitasi didalam word document anda.

Selamat mencoba !

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *