Zotero part 4 : Mencari Citation Style yang Tepat

Citation style atau dalam bahasa Indonesia adalah Gaya Selingkung.
Mana yang paling tepat untuk anda ? Yang tepat adalah yang dipersyaratkan oleh jurnal atau tesis tempat anda harus mengumpulkan naskah akademik anda.

Mari kita mencari Citation Style yang tidak secara default ada di zotero

Seperti yang sudah saya tulis di bagian lain blog saya, mensitasi menggunakan zotero, maka ketika mengumpulkan naskah akademik, anda harus mentaati aturan yang sudah ditetapkan. Biasanya pada journal, maka ada bagian author, dimana disitu akan dijelaskan syarat untuk mensubmit naskah kita. Dan biasanya pula, disitu disebutkan citation style yang harus digunakan.

Di bagian ini, penulis akan menjelaskan bagaimana mencari citation style yang tidak terdapat secara default saat anda menginstall zotero. Silahkan anda klik Gear dan menuju ke Preferences

Dan setelah itu, pilih Cites (icon ke dua dari kanan) dan klik pada tab Styles.

Seperti terlihat pada gambar diatas, terlihat bahwa hanya terdapat beberapa styles yang by-default terinstall bersama Zotero. Namun jangan khawatir jika anda tidak menemukan yang anda cari. Kita akan segera menambahkannya.

Langkah pertama adalah dengan meng-klik link Get additional styles (panah biru no 1). Ketika anda mencari additional styles, anda harus terhubung dengan internet, karena sesaat kemudian browser anda akan terbuka dan menuju ke Zotero Citation Styles Repository.

Akan terlihat repository dan anda dapat memilih berbagai macam styles yang telah disediakan komunitas zotero untuk dapat digunakan bersama. Catatan, jika anda akan mensubmit pada jurnal bereputasi yang sangat baik, dapat dipastikan anda tinggal mengetikkan nama jurnalnya dan sudah akan tersedia disana.

Pada contoh kali ini kita mencari citation styles Harvard. Maka silahkan ketikkan pada style search, “harvard”.
Dan secara otomatis, pada bagian format, akan menjadi author-date. Kemudian dibawahnya akan ter-list semua citation styles dengan nama harvard dengan berbagai macam variasinya. Variasi ? katanya tinggal mencari Harvard ? Ternyata anda akan mendapati bahwa banyak sekali variasi styles yang berdasar pada aturan style Harvard. Mana yang akan dipilih, pilihlah yang sesuai panduan tempat anda mengumpulkan naskah akademik. Ada dapat melihat detail style nya dengan mengarahkan mouse anda kepada salah satunya.
Pada contoh diatas, saya melihat Elsevier – Harvard (with titles). Biasanya, semua variasi ini mempunyai sedikit perbedaan yang masih mengikuti garis besar style harvard. Jika , misalnya, syarat tesis anda hanya mengatakan gaya selingkung harus Harvard, maka pilih salah satu nya yang paling mendekati dengan contoh pada dokumen terdahulu. Namun, biasanya, penulis yakin bahwa pembuat kebijakan mendasarkan pilihan tersebut karena kebiasaan menulis pada penerbit besar, sehingga memilih yang elsevier biasanya tidak menjadikan masalah. Kecuali, jika pihak pengelola menentukan dengan pasti variasi style yang digunakan.

Langkah kedua, silahkan click , dalam hal ini Elsevier – harvard(with titles) dan kemudian sebuah file kecil berbentuk .csl akan terdownload. Dalam contoh ini adalah elsevier-harvard.csl . Pada windows, kemungkinan besar akan masuk ke dalam folder download atau kadang setting mengarahkan ke dalam desktop.

Langkah ketiga, adalah meng add style yang telah anda download tadi untuk dimasukkan kedalam zotero. Klik + (seperti yang terlihat pada gambar diatas dengan panah biru no.2).
Diatas merupakan contoh menggunakan sistem operasi Linux Mint, sehingga bagi anda pengguna windows, tentunya akan sedikit berbeda, namun pada prinsipnya adalah sama. Silahkan klik open, dan style tersebut akan terinstall kedalam zotero.
Dan setelah itu, style tersebut akan masuk kedalam list didalam preferences, dan tandanya siap digunakan.

Catatan Penting,
kadang ada kondisi dimana pengelola begitu ketatnya menerapkan aturan citation style ini. Dan penulis pernah mengalami, bahwa di jurnal bertingkat Q1 ini belum mempunyai csl didalam repository zotero. Kemungkinan besar adalah karena pengguna bidang ilmu penulis, tidak banyak penggunanya di komunitas pengguna Zotero, sehingga style tersebut belum terdapat didalam repositorynya. Pada keadaan ini, penulis harus memodifikasi style terdekat untuk disesuaikan dengan syarat pada jurnal tersebut.

Bagaimana merubahnya ? ada yang namanya citation style editor. Silahkan membukanya, namun harus diingat bahwa melakukan editing style ini bisa menjadi hal yang sangat sulit, jika anda tidak terbiasa, mintalah bantuan kepada teman yang memang terbiasa programming, mereka akan lebih cepat paham.

Rule of thumb, dalam mengedit style, anda sangat disarankan memulai dengan style yang paling dekat kemiripannya. Sehingga silahkan klik search by name.

Klik edit dan kemudian akan muncul window editor yang cukup banyak parameternya seperti dibawah ini.

Silahkan edit sesuai dengan kebutuhan anda. Disini, penulis tidak akan memberikan secara detail cara meng-edit nya, mungkin akan ada di lain artikel karena setiap pergantian sangat tergantung dengan persyaratan dari jurnal itu sendiri. Cukup sampai disini petunjuk pencarian styles nya.

Selamat menulis, dan jangan lupa, taati aturan citation styles yang disyaratkan.
Salam

 

 

 

 

 

Comments 1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *